Iran memutuskan hubungan perdagangan dengan Denmark

Iran memutuskan hubungan perdagangan dengan Denmark

Iran memutuskan hubungan perdagangan dengan Denmark – Iran telah memutuskan semua hubungan dagang dengan Denmark sebagai protes terhadap kartun yang menyindir Nabi Muhammad yang pertama kali muncul di sebuah surat kabar Denmark.

Menteri Perdagangan Iran Masoud Mir-Kazemi mengatakan larangan itu mencakup semua impor Denmark serta transaksi bisnis lainnya.

Pada Senin malam, sekitar 400 demonstran melemparkan bom bensin dan batu ke kedutaan Denmark di Teheran.

Protes terhadap kartun telah terjadi di seluruh dunia Muslim.

Keamanan meningkat

Para wartawan di lokasi di luar kedutaan Denmark di sebuah distrik perumahan di Teheran utara, mengatakan kerumunan itu meneriakkan: “Kematian bagi Denmark.”

Polisi Iran kemudian mengusir demonstran kembali dengan gas air mata dan beberapa ditangkap.

Kedutaan besar Denmark sebelumnya pada hari itu meminta pemerintah Iran untuk memberikan lebih banyak keamanan di luar gedung, meskipun tidak ada staf diplomatik di dalam.

Kedutaan besar Denmark di Damaskus, Suriah, dan Beirut, Lebanon dibakar oleh para pemrotes pada akhir pekan.

Kedutaan Austria di Teheran juga diserang pada hari Senin.

Iran saat ini mengimpor barang senilai $ 280 juta dari Denmark setiap tahun. Itu berhasil sekitar 0,3% dari total ekspor Denmark.

Kartun diterbitkan ulang

Larangan perdagangan itu muncul setelah Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dengan keras menyerang gambar-gambar yang menyinggung itu.

Teheran telah memanggil duta besarnya untuk Denmark dan juga memanggil duta besar Denmark, Norwegia, dan Austria untuk mengungkapkan kemarahannya.

Kartun yang menyinggung pertama kali muncul di koran Denmark September lalu.

Pekan lalu pertikaian meningkat setelah sejumlah surat kabar Eropa menerbitkan kembali gambar-gambar itu, mengatakan mereka membela kebebasan berekspresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *