Pertempuran meletus pada rapat umum massal tentang RUU penghematan Yunani

Pertempuran meletus pada rapat umum massal tentang RUU penghematan Yunani

Pertempuran meletus pada rapat umum massal tentang RUU penghematan Yunani – Para perusuh telah memerangi pemrotes lain di Athena di mana ribuan orang berkumpul di luar parlemen untuk mengutuk babak baru pemotongan.

Batu dan bom bensin dilemparkan dan alat pemadam kebakaran berangkat ketika para pemuda bertopeng bertempur melawan anggota serikat buruh yang didukung komunis di dekat hotel-hotel mewah.

Para anggota serikat buruh, yang ditugaskan menjaga rapat umum, tampak menyerang balik, memegang tongkat.

Negara ini memasuki hari kedua pemogokan umum 48 jam.

Parlemen yang didominasi Sosialis diperkirakan akan memberikan persetujuan akhir untuk RUU penghematan baru pada hari Kamis, setelah memberikan persetujuan awal dalam pemungutan suara pertama pada hari Rabu malam dengan selisih 154-141 dari 300 deputi.

RUU itu, yang termasuk kenaikan pajak dan pemotongan pembayaran, diperlukan untuk mengamankan pinjaman bailout UE dan IMF.

Pegawai negeri sipil, penjaga toko, pekerja dermaga, supir taksi, dokter, pengacara, guru, pekerja konstruksi dan lainnya semuanya akan ambil bagian dalam pemogokan, yang dimulai pada hari Rabu.

‘Tidak mungkin’

Lanjutkan membaca cerita utama

Tindakan Penghematan Terencana Terbaru

  • Sistem gaji dan promosi baru yang mencakup semua 700.000 pegawai negeri sipil
  • Pemotongan lebih lanjut dalam upah sektor publik dan banyak bonus dibatalkan
  • Sekitar 30.000 pekerja sektor publik diskors, upah dipotong hingga 60% dan menghadapi PHK setelah setahun
  • Perundingan upah ditangguhkan
  • Pensiun bulanan di atas 1.000 euro akan dipotong 20% ​​di atas ambang batas itu
  • Pemotongan lain dalam pensiun dan pembayaran pensiun sekaligus
  • Ambang bebas pajak diturunkan menjadi 5.000 euro per tahun dari 8.000

Tidak segera diketahui berapa banyak orang yang terluka dalam pertempuran itu, tetapi beberapa bisa dilihat dengan darah mengalir dari luka-luka mereka, dan yang lain pakaian mereka dibakar oleh bom bensin.

Pada hari Rabu, sedikitnya 40 orang terluka dalam pertempuran di Athena pusat.

Setidaknya 35.000 pengunjuk rasa berkumpul di Lapangan Syntagma, di depan parlemen, Kamis.

“Tidak mungkin kami akan menghentikan pertempuran ini sampai pemerintah ini jatuh, yang merupakan salah satu tuntutan kami,” kata presiden serikat pekerja hotel, Nikos Papageorgiou, kepada kantor berita Reuters.

Irini Kyriakidou, seorang penjahit berusia 53 tahun, mengatakan: “Apa yang ingin saya sampaikan kepada pemerintah adalah bahwa kami tidak akan membiarkan hal ini berlalu begitu mudah.

“Kami akan berjuang agar mereka tidak mengakhiri kontrak kerja yang akan membuat kami kembali seabad.”

RUU tersebut mencakup rencana pemotongan lebih lanjut untuk pensiun dan gaji dan PHK sementara dari 30.000 pekerja sektor publik.

Beberapa wakil partai Sosialis yang berkuasa dari Perdana Menteri George Papandreou telah mengancam untuk tidak memilih beberapa artikel RUU tersebut.

Ketika para pengunjuk rasa berkumpul untuk hari kedua, wartawan BBC Gavin Hewitt mengatakan, “Anda seharusnya tidak memperkirakan perasaan marah dan frustrasi ”

Dengan Yunani tidak dapat meminjam jangka panjang pada pasar obligasi internasional untuk membiayai utangnya, UE dan IMF telah melangkah dengan dua paket bailout.

Menteri Keuangan Evangelos Venizelos menggambarkan pilihan itu antara “situasi sulit dan bencana”.

“Kami harus menjelaskan kepada semua orang yang marah ini yang melihat kehidupan mereka berubah bahwa apa yang dialami negara itu bukanlah tahap terburuk dari krisis,” katanya.

“Ini adalah upaya yang menyedihkan dan perlu untuk menghindari tingkat tertinggi, terdalam dan paling keras dari krisis.”

Potongan rambut yunani

Ada kekhawatiran bahwa jika pemerintah Yunani gagal membayar utangnya, pemerintah akan memicu reaksi berantai yang dapat menelan bank dan negara-negara zona euro yang sangat berhutang budi.

Tetapi pemerintah sedang berjuang untuk meyakinkan pemberi pinjaman bahwa mereka memotong cukup efektif. Yunani mengatakan perlu dana talangan pertama senilai 8 miliar euro ($ 11 miliar; £ 7 miliar) yang disepakati tahun lalu atau tidak akan mampu membayar tagihannya.

Rincian rencana penyelamatan kedua belum selesai. Bank telah setuju untuk mengambil kerugian 21%, atau “potong rambut”, pada pinjaman mereka ke Yunani tetapi ada tekanan yang tumbuh bagi mereka untuk menerima kerugian yang lebih tinggi.

Para pemimpin Eropa dan kepala keuangan global sedang berusaha untuk menyusun rencana yang lebih luas untuk mengatasi krisis utang zona euro menjelang pertemuan puncak akhir pekan di Brussels.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy terbang ke Jerman Rabu malam untuk bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel dan pejabat senior dari Bank Sentral Eropa dan IMF.

Tidak ada pemimpin yang memberikan perincian tentang apa yang telah dibahas.

Keduanya tidak setuju tentang bagaimana dana talangan Eropa, Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), dapat dimanfaatkan dari € 440bn saat ini ke nilai yang jauh lebih tinggi untuk menyelamatkan bank dan negara-negara yang sedang berjuang seperti Italia dan Spanyol, jika diperlukan.